SELAMAT DATANG.. AHLAN WA SAHLAH

Semoga Blog ini bisa bermanpaat dan memberikan manpaat

Senin, 26 Oktober 2009

Dunia Terlalu Hina Untuk Ditangisi

bismillahirrahmanirrahim
bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan!

Ibnu Mubarak, seorang ulama terkenal, berkata: "Syair gubahan 'Adiy bin Zaid lebih aku sukai daripada istana amir Thahir bin Husain sekiranya ia diperuntukkan bagiku."

gak berlebihan kalo Ibnu Mubarak bilang gitu. Syairnya memang begitu indah juga sangat terkenal, antara lain disebutkan di dalamnya: ”Wahai orang yang senang dengan penderitaan orang lain, lagi suka mencaci zaman. apakah engkau seorang yang terbebas dan selamat dari musibah? ataukah engkau pernah mendapat jaminan yang kuat dari zaman untuk itu? tidak, bahkan sebenarnya engkau adalah orang yang tidak mengerti lagi terpedaya.

artinya, hai orang yg senang dengan musibah yg menimpa orang lain, apakah engkau punya jaminan bahwa engkau tidak akan tertimpa musibah seperti mereka? atau apakah masa telah menganugrahkan kepadamu jaminan keselamatan dari bancana dan musibah? kalau begitu, mengapa engkau senang dengan penderitaan orang lain?

dalam sebuah hadits shahih disebutkan: "seandainya dunia ini sebanding nilainya dengan sayap nyamuk di sisi Allah, niscaya Dia tidak akan memberi minum orang kafir barang seteguk air pun darinya."

sesungguhnya nilai selembar sayap nyamuk lebih mahal daripada dunia menurut penilaian Allah. jika demikian hakikat nilai dan bobot dunia yang sebenarnya, mengapa kita mesti bersedih dan cemas karena menyayanginya?

kebahagiaan yg sesungguhnya adalah apabila Anda merasa aman atas keselamatan diri anda, masa depan anda, keluarga anda, dan penghidupan anda. yang semuanya itu terhimpun dalam keimanan kita dan ridha kita kepada Allah, kepada qadha' dan qadar-Nya. semua itu juga terhimpun dalam sikap qana'ah (puas dgn rizki yg ada) alias kesabaran kita dalam menghadapi silih bergantinya masa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar